Selasa, 30 April 2013

Manfaat Rebusan Daun Sirsak

Manfaat Rebusan Daun Sirsak


Secara mengejutkan, rahasia khasiat sirsak uang ditutupi rapat-rapat akhirnya terbongkar juga. Daun sirsak yang mudah didaptkan dengan harga yang sangat murah ternyata mampu membunuh sel-sel kanker berkat kandungan senyawa annonaceous acetogenins di dalamnya.
ramuan daun dan buah sirsakSejak bertahun-tahun silam, sirsak telah dimafaatkan sebagai obat antitumor oleh suku asli hutan Amazon, Amerika Selatan. Melihat fenomena tersebut, pada tahun 1976, Jerry L. McLaughlin bersama dengan salah satu rekannya Prof. Soelaksono Sastrodihardjo, PhD, peneliti dari Sekolah Ilmu dan Tekonologi Hayati, Instituts Teknologi Bandung melakukan penelitian khasiat daun sirsak.
Hasil penelitian tersebut adalah ditemukan beberapa kandungan senyawa aktif yang termasuk ke dalam annonaceous acetogenins. Beberapa senyawa turunan acetogenins yang ditemukan adalah acetogenins muricatocins A, muricatocins B, annonacin A, trans-isoannonacin.
Daun sirsak yang kebanyakan diolah dalam bentuk teh dengan memgolah beberapa lembar daun sirsak dengan kualitas daun yang baik. Mereka biasa menggunakan daun sirsak untuk mengobati kanker. Namun tak semua orang mengetahui bagaimana pemanfaatan daun sirsak yang baik sebagai ramuan alami untuk menumpas kanker.
Ada beberapa orang yang panik ketika merebus daun sirsak karena warna air hasil rebusan daun sirsak berwarna cokelat tua. Mereka merasa takut jika salah memilih daun sirsak yang terlalu tua atau muda. Air rebusan daun sirsak yang bagus adalah berwarna hijau kekuningan dan tidak terlalu gelap. Jika warna air rebusan daun sirsak cenderung berwarna kehitaman biasanya karena proses penyimpanan yang terlalu lama akibat proses oksidasi pasca proses perebusan.
Untuk pemberian dosis rebusan daun sirsak untuk pengobatan setiap orang memang tidak bisa disamakan. Pemberian dosis harus disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing orang. artinya setiap individu memiliki dosis obat yang berlainan.
Pemberian dosis harus disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit yang diderita pasien. Tentu saja dosis untuk pasien kanker stadium akhir berbeda dengan pasien kanker stadium awal atau pasien dengan tumor ganas. Setiap pasein juga wajib mempelajari dan mengenali fenomena atau gejala dan reaksi yang terjadi di dalam tubuhnya. Belum tentu reaksi yang terjadi pada seseorang juga terjadi pada anda.
Efektifnya air rebusan daun sirsak diminum dengan frekuensi 3×1 sehari secara teratur hingga indikator adanya kanker bernilai normal. Jangan lupa untuk selalu menerapkan pola makan sehat dan bergizi setiap hari. Jika pasien mengalami komplikasi kanker dengan penyakit lain tidak perlu dilakukan kombinasi pengobatan antara daun sirsak dengan obat lain. Cukup menambah asupan nutrisi dari makanan sehari-hari dan menghindari bahan makanan yang memperburuk kondisi kesehatan tubuh.

Seputar Manfaat Daun Sirih

 

Sirih merupakan sejenis tanaman merambat. Orang tua dulu menjadikan bagian daun dari tanaman ini sebagai bahan campuran gambir pinang dan kapur untuk dikunyah bersama-sama.Dalam perkembangannya, daun sirih dipercaya juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa penelitian tentang kandungan dan manfaat daun sirih menyebutkan bahwa daun sirih terutama daun sirih merah memang menyimpan khasiat sebagai obat.
Daun sirih mengandung minyak asitri dimana didalamnya terdapat  minyak terbang (betiephenol), seskuiterpen, pati, diastase, gula dan zat samak dan kavikol. Zat/senyawa ini memiliki kemampuan dalam mematikan kuman, dan bersifat antioksidan dan antiofungia.
Memang penelitian yang dilakukan hanya sebatas uji coba yang belum di buktikan khasiatnya terhadap tubuh manusia. Khasiat dari daun sirih selama ini merupakan pengalaman yang telah dirasakan oleh masyarakat dulu dan secara turun temurun diceritakan kepada anak buyutnya. Dan sekarang penggunaan daun sirih sebagai obat herbal masih dilakukan oleh sebagian besar masyarakat dikarenakan banyaknya orang yang telah merasakan manfaat daun sirih bagi kesehatan mereka.
Dibawah ini adalah penggunaan daun sirih untuk menyembuhkan sejumlah penyakit. Dimana penggunaannya yaitu dengan menjadikan daun sirih sebagai bahan godokan yang nantinya dikonsumsi airnya, ada juga yang penggunaannya sebagai obat luar dengan menempelkan daun sirih secara langsung kepada sumber penyakit.
  1. Untuk mengobati keputihan pada wanita.
  2. Untuk mengatasi penyakit kencing manis.
  3. Mengobati kanker.
  4. Menyembuhkan asam urat.
  5. Menyembuhkan hepatitis.
  6. Mengatasi kelelahan.
  7. Mengatasi penyakit maag.
  8. Mengobati sariawan dan menjaga kesehatan rongga mulut.
  9. Menghilangkan bau tak sedap pada tubuh terutama pada bagian ketiak
Tentu banyak khasiat daun sirih lainnya yang belum disebutkan diatas, silahkan anda kunjungi blog-blog kesehatan lainnya untuk mendapatkn informasi yang lebih banyak tentang manfaat daun sirih ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © BUDISUJADMIKO | Design by BUDISUJADMIKO Coach | Powered by Blogger